Niat Puasa yang Sempurna Pahalanya – Syaikh Abdus Salam asy-Syuwai’ir #NasehatUlama

Niat puasa bulan Ramadhan merupakan perkara yang sangat penting karena terkait dengan keabsahan puasa seseorang dan kesempurnaan pahala puasa di bulan Ramadhan. Niat puasa Ramadhan ada dua macam, yang pertama adalah niat puasa di bulan Ramadhan yang menentukan keabsahan puasa, ini seperti yang dijelaskan oleh Nabi Ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya “Tidak ada puasa bagi orang yang tidak menetapkan niat dari malam hari.” (HR. Ad-Darimi) Inilah niat puasa yang benar yang berupa niat untuk menahan diri dan waktu niat puasa Ramadhan adalah di malam hari. Selanjutnya yang kedua dari cara niat puasa Ramadhan yang akan mengantarkan pahala puasa yang sempurna yang membuat seseorang diganjar dengan ganjaran yang sempurna.

Ganjaran puasa Ramadhan yang sempurna tentu merupakan harapan dari setiap orang yang berpuasa. Lalu bagaimana cara agar kita mendapatkan pahala puasa Ramadhan dengan pahala puasa yang sempurna? Untuk mendapatkan pahala puasa bulan Ramadhan yang sempurna, hendaknya seseorang menyadari bahwa amalan di bulan suci Ramadhan merupakan ibadah kepada Allah ʿAzza wa Jalla, amalan bulan puasa Ramadhan adalah amalan yang akan mendekatkannya kepada-Nya Subẖānahu wa Ta’ālā maka Allah ʿAzza wa Jalla akan memberi balasan dan ganjaran pahala di bulan Ramadhan kepada orang yang melakukan amalan puasa ini dengan pahala yang besar. Seperti dalam hadits tentang pahala puasa untuk Allah yang menunjukkan pahala puasa hanya Allah yang tahu dan pahala puasa Allah yang balas, hadits pahala puasa Ramadhan tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Oleh karena itu agar mendapatkan pahala orang puasa yang sempurna maka hendaknya memperhatikan dalam berniat ketika puasa dan memperhatikan niat dalam mengamalkan amalan di bulan ramadhan dan amalan di bulan puasa, karena seperti amalan yang lainnya besarnya pahala seseorang dalam berpuasa berbeda-beda tergantung dengan niat yang ada di hati seseorang. Selain itu yang tidak kalah penting adalah memperhatikan perkara yang dapat menghilangkan pahala puasa atau bahkan pembatal puasa Ramadhan.

#NasehatUlama #NiatPuasa #PahalaPuasa

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se

source

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.